Daftar Blog Saya

Minggu, 09 Juli 2017

CERITA BUKU: 5 GURU KECILKU 1...

Alhamdulillah kesehatan dan keberkahan semoga selalu membersamai kita 😊

Ramadhan telah berlalu, semoga semangatnya masih menggebu...aamiin.
Tulisan ini telah lama ingin dibuat tapi selalu cancel (sifat buruk yang sedang diterapi, inshaa Allah). Alhamdulillah sejak on mengikuti kelas IIP blog ini jadi lebih hidup. Minimal ada tempelan yang disematkan tiap pekannya (semoga saya makin rajin..ehh temen-temen yang baca ini juga yahh) 😊.

Weekend ini jadwal membaca buku bebas, dan sayapun ambil buku ini untuk dibaca ulang. Butuh buku ini untuk refresh ulang ilmunya, kebetulan juga sembari masih masa PO..jadi bisa jawab dengan akurat tentang isi buku ini dan apa keunggulannya. Kita intip isi buku ini yuk....!!

Buku ini bersumber dari postingan status penulis di akun facebook terkait pengalamannya dalam menjalankan perannya sebagai orang tua. Postingan status penuh hikmah ini ternyata di baca dan di share oleh sahabat-sahabat facebook penulis, hingga akhirnya menimbulkan banyak permintaan dari sahabat facebook penulis untuk menjadikannya sebuah buku. Pada akhirnya tahun 2015 tulisan tersebut dibukukan. April 2016, buku ini telah mencapai cetakan ketiga dan menjadi deretan buku best seller seri parenting. Alhamdulillah 2017 ini cetakan ulang.

Buku dengan judul 5 Guru Kecilku yang bersampul foto Teh Kiki dengan kelima anaknya ini merupakan kumpulan kisah berhikmah seputar pengasuhan anak. Buku ini dibuka dengan bagian “Niatmu kekuatanmu”, seperti pernyataan dalam  sebuah hadist. Sesungguhnya semua amal tergantung pada niatnya dan seseorang akan mendapatkan apa yang diniatkannya, pada bagian ini Teh Kiki mengulas tentang kekuatan niat dalam perjalanannya menjalankan peran menjadi orang tua. Bukankah niat adalah sumber motivasi? bukankah menjadi orang tua yang bertanggung jawab dengan perannya adalah perkara yang tidak mudah?


Terdapat 35 bagian dalam buku setebal 241 halaman. Buku ini berbeda dengan buku parenting lain yang berisi teori, sehingga terkesan membosankan, sedangkan buku ini menyajikan pengasuhan anak secara praktik, memudahkan pembaca dalam mengambil pesannya. Dimulai dari tingkah masing-masing kelima anaknya, peran satu anak dengan anak lainnya, masalah-masalah yang muncul dalam pengasuhan, hingga solusi yang Teh Kiki contohkan. Pembaca akan menemukan kisah-kisah haru tentang Ali putra pertamanya, kisah Shidiq anak yang aktif, Shafiyah putrinya yang pemalu. Sungguh buku ini amat indah, kita akan merasakan ketulusan Teh Kiki menjadi ibu penuh waktu, menjadi ibu yang penuh azzam dalam melahirkan dan mendidik generasi islam unggulan.

Menulis ulasan buku ini mengalir seolah saya berada dalam kisah-kisah yang ada dibuku ini. Ada statment Aa' Ali dan Teh Kiki yang manis dan sangat membuat haru.
Ali: "Ummi, not every kids has a mom like you!"
wajah teh Kiki terkejut dan bercampur salah tingkah, beliau usap rambut aa' ali dan berkata..
Ummi: "And not every mom has a child like you too"!!

Semoga Allah mampukan kita menjadi orangtua yang dirindukan anak-anaknya..seperti para orangtua yang begitu merindukan polah dan tingkah laku putra-putrinya. Semoga Allah izinkan kita menjadi orangtua yang mampu membantu putra-putri kita bertumbuh dengan segala fitrah kebaikannya. Seperti pesan teh Kiki dibuku ini...
'Bahwa mengurus banyak anak itu mudah..jika Allah memberi kemudahan
maka mintalah kemudahan itu pada Allah" (Kiki Barkiah).....

"Jika kesibukan bunda membuat bunda tidak bersabar dan memperlakukan anak-anak dengan cara yang baik, lalu siapa yang harus mengalah ??" (Kiki Barkiah)

Buku cemilan yang bisa membuat kita haru biru, tersadar, semangat dan menyusun cara baru bertemu mereka....semoga ada hikmah, semoga bermanfaat...(Highly recomended buat bunda & calon bunda). Kelak kita akan berada di posisi tersebut.

Salam cinta..kasih
untuk para bunda dan calon bunda pembelajar :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar