Daftar Blog Saya

Minggu, 09 Juli 2017

PARE..Kampung Inggris yang Melegenda

Adakah kampung yang namanya tersohor seantero indonesia?
Adakah tempat belajar yang membuat para pencari ilmu ingin kembali ke sana?
Adakah tempat berkumpulnya para pemimpi yang lebih baik darinya?
Kampung Inggris adalah tempat yang menjawab ketiga pertanyaan di atas. Dialah kampung yang namanya tersohor seantero Indonesia. Dia pula tempat belajar yang membuat para pencinta ilmu merinduinya dan dia pula kampung yang mempertemukan para pemimpi dari seluruh pelosok Indonesia. Dialah kampung yang banyak diperbincangan anak muda pembelajar bahasa.
Kampung Inggris adalah julukan untuk sebuah desa bernama Tulung Rejo, di kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur. Kampung Inggris pertama kali di cetuskan oleh seorang bapak bernama Kalend Osen. Beliau adalah pendiri salah satu tempat belajar bahasa Inggris di sana yakni bernama Basic English Course (BEC). Beliaulah pemilik ide yang mewujudkan sebuah kampung menjadi pusat belajar bahasa Inggris, sehingga dikenallah desa Tulung Rejo dengan sebutan Kampung Inggris.
Disebut kampung inggris, karena ada banyak tempat belajar bahasa inggris di sana. Kita akan menemui orang-orang belajar bahasa hampir disetiap pintu ke pintu rumah. Mulai dari gedung resmi dengan perangkat tulisnya hingga kumpulan-kumpulan orang belajar di tengah alam. Sekurangnya ada 5 hal yang membuat setiap kita dari pelosok nusantara wajib mengunjunginya:
1.      Tempat tercepat untuk belajar dan meningkatkan bahasa Inggris
Kampung Inggris terbukti menjadi tempat efektif untuk orang yang berniat meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Mulai dari kita yang benar-benar tidak mengerti bahasa inggris hingga orang-orang yang hanya ingin memperdalamnya. Kampung inggris menyediakan pembelajaran yang memudahkan setiap kita untuk mengikutinya. Metode pembelajarannya dikemas menjadi hal yang menarik. Mulai dari pembelajaran grammar yang seringkali membuat kita pusing hingga skill speaking yang sering menghambat kita dalam berkomunikasi disajikan dengan baik di Kampung Inggris.
Kampung Inggris menyediakan lingkungan pendukung terbaik untuk kita belajar, karena di sana kita akan menemui orang-orang belajar bahasa dimana saja, di jalanan, di tengah sawah, lapangan maupun tempat-tempat makan. Kita tidak akan merasa asing untuk mempraktekkan pelajaran-pelajaran yang kita peroleh dari tempat les di mana saja. Pada akhirnya metode terbaik dan lingkungan yang mendukung menjadikan belajar bahasa di Kampung Inggris adalah pilihan terbaik untuk kita dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing, baik untuk mengisi liburan maupun niat khusus kita untuk mempelajarinya.
2.      Tempat berkumpulnya para pembelajar.
Selain syurganya ilmu bahasa, Kampung Inggris adalah tempat bertemunya para pembelajar dari seantero nusantara, dari Sabang hingga Merauke, bahkan dari negara-negara tetangga Malaysia, Filipina, Thailand dan Timur Leste. Kita akan bertemu banyak teman baru dari berbagai latar belakang budaya, daerah dan pendidikan, yang memiliki cita-cita sama yakni belajar meningkatkan kemampuan bahasa.
Seringkali kita akan bertemu orang-orang hebat dari masing-masing daerahnya. Ada mahasiswa-mahasiswa cerdas dari berbagai Universitas di Indonesia, ada siswa-siswi yang penuh semangat dari sekolah-sekolah se Indonesia, ada para pegawai kantoran yang berlibur dan mengisinya dengan belajar, bahkan ibu-ibu rumah tangga yang datang khusus untuk meningkatkan kemampuan bahasanya. Bukankah berkumpul dan belajar dengan orang-orang baru sangat menyenangkan?
Kita akan mendapatkan banyak pelajaran dengan bertemu orang-orang yang berbeda, ada ilmu baru, ada bahasa baru, yang pasti ada teman-teman baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan di luar negara yang membuat kita bertambah pengetahuannya tentang daerah tersebut, tentang budaya teman kita, bahkan bahasa daerah teman-teman kita. Bertambah kenalan baru akan membuat kita semakin merendahkan hati, menghargai perbedaan, mencitai sesama dan berbagi semangat dalam kebaikan menuntut ilmu.
3.      Keindahan alam yang mempesona
Pare, Kampung Inggris adalah sebuah desa yang masih syarat dengan alam pedesaan. Kita akan menemui hamparan sawah yang hijau, hingga hamparan padi yang menguning menjelang masa panen. Suasana alam pedesaan khas pulau Jawa yang masih kental akan kita rasakan di sana.
Pare juga memiliki tempat-tempat indah yang membuat para pengunjungnya tidak hanya bersemangat menimba ilmu, tapi juga berkesempatan untuk liburan. Adapun beberapa tempat wisata di Pare yang wajib dikunjungi ketika kita belajar di sana antara lain; gua dan candi Surowono, candi Tegowangi, alun-alun Pare, taman Kilisuci, dan Simpang Lima Gumul Kediri yang menyajikan pemandangan indah seperti di Paris. Alam yang mempesona, tempat wisata yang menarik akan mendukung kenyamanan dalam belajar.  
4.      Culture budaya penduduknya yang ramah.
Keramahan khas suku Jawa akan menyambut kedatangan kita pertama kali menginjakkan kaki di Pare. Orang jawa yang terkenal ramah, sopan santun khas orang jawa, dan suara-suara khas mbah-mbah jawa akan kita temui di sana. Keramahan adalah kunci membuat kita tidak canggung berada di sana. Keramhan penduduk di sana akan membantu dan memudahkan kita dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, seperti mencari kostan atau asrama, belanja harian di kedai dan aktivitas-aktivitas harian kita lainnya.
5.      Kuliner khas kampung Inggris yang menggoda lidah
Kuliner adalah satu hal yang wajib kita coba saat berkunjung dan berada di suatu daerah. Begitu pula ketika kita berada di Pare, mencoba berbagai kuliner di sana adalah sesuatu yang wajib.
            Beberapa kuliner khas Kampung Inggris yang benar-benar melegenda dan wajib kita coba ketika berkunjung di sana antara lain: tansu singkatan dari ketan susu, di sajikan di tengah hamparan sawah yang luas akan semakin membuat kita lahap menyantapnya, nasi pecel sambel liwet di pinggiran dekat Tugu Garuda adalah kudapan khas jawa yang membuat kita akan mencobanya berkali-kali, rujak cingur khas Jawa Timur membuat lidah bergoyang, susu mbok Darmi adalah susu sapi asli yang tersedia dingin maupun panas menjadi minuman wajib setelah kita seharian berjibaku dengan materi belajar, pentol rebus seolah cemilan siang hari yang wajib kita coba ketika gerobaknya melewati depan asrama dan masih banyak lagi warung makan murah meriah yang wajib kita kunjungi dan cicipi jika berkunjung ke sana.   
Berkunjunglah ke Kampung Inggris, karena kita tak hanya menemukan ilmu, teman baru atau koleksi foto baru. Tapi kita akan mendapat jutaan pengalaman akan makna belajar, cita-cita, semangat dan nilai moral. Merendahlah dalam belajar, semakin merendah semakin indah, semakin bersahaja dan semakin mempesona. Salam takzim untuk kita para pembela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar