Daftar Blog Saya

Minggu, 29 Maret 2015

writing, do yourself...!!

Writing merupakan skill yang membutuhkan latihan secara teratur. Bukan hanya suka tapi latihan menjadi kunci penting dalam pencapaiannya. Mustahil tulisanmu akan bagus, akan berkembang jika latihannya masih sering absen, lupa dan malas. Maka menulislah..!! Anything, mulai dari yang menarik menurutmu, yang paling sering kamu lihat, kamu baca dan kamu temui. Fokuskan pada dirimu....hiraukan ketakutan, kecemasan akan komentar yang tidak membangun.

Fokus point...
Skill komunikasi ada 4 bagian: writing, speaking, listening dan reading. Diantara 4 skill tersebut maka writing dan speaking merupakan 2 skill yang aktif, sedang dua lainnya merupakan skill yang pasif. Pernyataan di atas menjadi alasan kuat mengapa kita harus mulai menulis. Ketika belajar bahasa inggris atau bahasa lainnya, menulis dengan benar merupakan targetan yang harus di usahakan. Karena untuk berkirim email, menyatakan gagasan secara tertulis dengan native teman komunikasi kita yang berjauhan, tulisan menjadi alternatif yang cukup efisien.
Belajar, latihan, continue dan membaca merupakan jurus-jurus terdepan dalam menulis. Tulislah sesuai dengan dirimu, tulis dengan sederhana sehingga menghasilkan tulisan yang berharmoni di dalamnya. Jika menulis dalam bahasa asing, jangan terkungkung dari bahasa asalnya. Coba mengikuti ritme bahasa yang kita tekuni..buat senyaman mungkin agar tidak memunculkan tulisan bahasa asing yang kesannya jadi norak. Teringat pesan teacher writing saya...latihan tanpa batas, meski berat di awal, canggung di permulaan, banyak salah di perjalanan tetap sabar, ingat cita2 awalnya dalam belajar. Itu namanya proses, perbaikan-perbaikan itu seninya. Masih banyak coretan ketika belajar, bukan karena gagal..tapi karena kualitas ditentukan dari latihan kita.
Teringat teman belajar yang punya semangat tinggi, pantang menyerah dan membuktikan yang sering latihanlah yang berkualitas. Gagal sekali bahkan sampai 25 kali itu biasa, bahkan seorang ilmuan juga gagal ribuan kali dalam menghasilkan karya berkualitasnya. Semangat menulis, writing never ending...coretan coretan warna ketika menulis menjadi seni...karena seringkali kesalahan kita bukan karena ketidakpahaman, tetapi karena kecerobohan, kurang tepat memilih diksi, penempatan article. Sehingga jurus ampuh menaklukannya adalah latihan...
Menulislah....do yourself !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar