Daftar Blog Saya

Minggu, 23 Juli 2017

NICE HOMEWORK# 8 : MISI HIDUP & PRODUKTIVITAS

        NHW 8 menegaskan tentang misi hidup dan produktivitas kita. Langkah pertama yakni memilih satu aktivitas yang telah kita tulis pada NHW 7. Pada NHW 7 di kuadran SUKA dan BISA saya menuliskan  4 aktivitas : Berkisah, menulis, motivator (problem solver), dan bisnis. Adapun pilihan yang saya pilih pada NHW 8  yaitu aktivitas "Berkisah atau mendongeng".

        Langkah selanjutanya menyelesaikan jawaban pertanyaan berikut:
1. Saya ingin menjadi apa ? (Be)

Aktifitas yang saya pilih yakni mendalami hobi saya bercerita dengan memilih menjadi "pengkisah" atau "pendongeng". Menjadi pengkisah yang baik, menarik dan penyampai pesan-pesan kebaikan dari sebuah cerita, sehingga mendatangkan kebermanfaatan.

2. Saya Ingin melakukan apa? (Do)
Keinginan terbesar saya yakni menjadi orang yang bermanfaat. Dimana saya mampu bermanfaat kepada orang lain dengan aktivitas-aktivitas yang saya kerjakan. Lebih sederhananya yakni menjadi "Tukang kisah" atau "pendongeng" yang bermanfaat. Sehingga mampu menginspirasi orang lain untuk melaukan banyak kebaikan lainnya. 

3. Kita ingin memiliki apa? (Have)

  • Sebagai "Tukang Kisah" saya ingin memiliki karya tulisan. Kisah-kisah yang saya ceritakan saya himpun dalam sebuah tulisan sehingga menjadi karya tulis (buku). 
  • Memiliki taman baca dan RUMBEL (Rumah Belajar), sarana belajar anak dan keluarga di lingkungan tempat tinggal saya. 
  • Memiliki unit bisnis yang mampu menjadi supporter aktivitas-aktivitas kebaikan (Lembaga Privat, bimbel, toko buku).

3 apek dimensi waktu:

1. Apa yang ingin saya capai dalam kurun waktu kehidupan kita (life time purpose)

Life time purpose saya adalah melakukan ibadah sebaik-baiknya kepada Rabb, Sang Pencipta. Baik ibadah berupa amalan kepada Allah, kepada sesama maupun kepada alam semesta. Termasuk dalam menjalankan sebaik-baiknya peran-peran pada jurusan pada universitas kehidupan yang sudah saya pilih.

2. Apa yang ingin saya capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)
  • Menyamakan visi-misi hidup dengan pasangan
  • Menambah jam terbang untuk ilmu dan jurusan yang telah dipilih pada Universitas Kehidupan.
  • Menjalani tahapan bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif dan bunda shaliha dengan sungguh-sungguh, semangat, bahagia dan ikhlas.
  • Menjadi motivator dan inspirator pada jurusan yang saya pilih di Universitas kehidupan.
  • Menjadikan keluarga saya sebagai keluarga yang "bahagia anggotanya, bahagia pula sekitarnya".
3. Apa yang ingin saya capai dalam kurun waktu satu tahun (New Year Resolution).

Membangun keluarga, menyamakan visi misi bersama. Melahirkan minimal satu karya berupa tulisan yang dapat dibukukan dan dipasarkan, mengarsipkan kisah-kisah yang diceritakan. Bismillah....
Sesemangat quote IIP "Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH".

Salam Ibu Profesional..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar