Daftar Blog Saya

Kamis, 29 Maret 2018

Oleh-Oleh dari Belanja dapur, hingga Belajar Tahsin

Game level 6 dimulai, tugasnya adalah "menemukan matematika disekitar kita". Game kali ini saya akan lebih natural dengan motto "Nikmati, temukan dan selesaikan"

Artinya.... Game level ini saya harus lebih jeli dalam menghadapi hari-hari..😊

Jrengg...

Part 1

Diawali dengan mendengarkan obrolan para guru di kantor, maka saya berusaha mencari celah apa yang bisa saya bantu.  Seorang guru berkeluh dengan keuangannya yang boros bulan ini.  Ia bercerita menghabiskan 6 L minyak goreng bulan ini, padahal biasanya hanya 4 L.  Beliau juga menyampaikan menghabiskan 3 tabung gas untuk bulan ini.

Lalu saya sempatkan mendekat dan menanggapi keluhannya.

 "Karena ada mertua dateng beberapa hari itu ya bu? " tanyaku..

"iya... " ,jawabnya...

Saya tidak banyak berkata-kata karena saya belum berpengalaman didatangi mertua 😅, nahh tapi ada sedkit closing yang mungkin akan cocok saya gunakan kedepannya.

"Berarti kita harus lebih pandai menyiapkan biaya tak terduga setiap bulannya ya bu, untuk hal hal yang sifatnya mendadak", ucapku dengan semangat.

Saya lihat wajahnya lebih seger saat kita respon keluhan teman dengan kata-kata baik yang darinya kita juga belajar.

"Dengarkan... respon dan beri dukungan, modal cukup menjadi pembelajar "

Part 2

Majelis tahsin,  sudah hampir 3 pekan saya memberanikan diri menjadi teman belajar tahsin beberapa ibu. Bermula dari ingin menjadi bermanfaat akhirnya saya menemukan bonus bahagia dan ilmu yang banyak dari sana. Meski modal ilmu pas-pasan saya coba maksimal disetiap pertemuan.

Nahh... Hari ini setelah ditutup majelisnya, kebetulan saya ada waktu bercerita dengan para ibu. Lalu mereka berkisah tentang kesannya melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar. Ada yang kesulitan dengan huruf "kha", huruf "ja" dan juga huruf lainnya seperti "Ta" dan "kaf".

Yang menarik saat mereka cerita waktu belajarnya. Ada yang memilih ba'da subuh,  setelah duha dan adapula yang setelah maghrib. Poinnya adalah "mengalokasikan waktu khusus setiap harinya".

Nahh sayapun memberikan pesan penutup...

"Yang paling penting prosesnya bulek,  waktu khusus yang cukup kita berikan untuk belajar. Tidak perlu berjam - jam cukup 20-30 menit yang penting fokus " 😊

Semangat fokus
Semangat menyediakan waktu khusus..
Memberi alokasi dengan durasi berkala yang kita buat...
Bisa dimulai dari 10, 20, 30, 40... dan akhirnya jadi kebiasaan dan menjadi amalan harian yang tak terhitung oleh batasan waktu. Melainkan lekat dalam diri dan keseharian.


Senjata Tempur.. 

Bulek bulek sholehah.... 


🤗🤗

#Day1
#Tantangan10Hari
#Gamelevel6
#KuliahBunsayIIP
#Ilovemath
#MatharoundUs


Tidak ada komentar:

Posting Komentar